STARING AT FUTURE

STARING AT FUTURE


Hak Cipta dilindungi Undanng-Undang
Hak Penerbit pada : Harian Transparan News
Dicetak Oleh : Harian Transparan News
Volume : I ( Perdana)
Disusun Oleh : Musryadanta
Editor : Putra Zulfirman
Penyunting : Khairul, A
Desine Sampul : Musryadanta
Setting Layout : M. Iqbal Kusuma
Email : musryadanta@gmail.com
Website : www.salamindonesia.wordpress.com

KATA PENGANTAR

Sesungguhnya segala sanjungan milik Allah, kita memujiNya, memohon pertolonga, ampunan dan bertobat padaNya, kita berlindung kepada Allah dari pada kejahatan jiwa dan keburukan amalan – amalan kita. Semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada penutup segala Naba (Muhammad SAW) kepada keluarganya dan sahabatnya.

Disela – sela kesibukan, akhirnya penulis mulai mencoba menyusun segala dinamika yang tersirat dalam kehidupan seiring dengan sepak terjang dalam mengejar masa depan. Harus penulis akui bahwa penulis masih sangat lemah dalam menyusun kata-kata dan bahasa.

Untuk itu, segala bentuk kekurangan dan kejanggalan, itu adalah datang dari kebodohan penulis sendiri dan mengingat penulis juga masih berada pada tahap pembelajaran.

Sehubungan hal tersebut diatas, maka penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca yang bersifat membangun demi perbaikan pada masa yang akan datang.

Penulis

Hal. 1
MENGGALI ILMU DI PULAU KREATIFITAS DI ACEH

Dalam konteks lingkungan, kita sering mendengar orang berkata ” saya tidak kreatif” kadang-kadang kita sendiri yang sering mengucapkan kata-kata itu. Banyak orang mengartikan kreatif hanya berhubungan seni dan merupakan bakat alam yang dimiliki oleh orang-orang tertentu. Jika kita berpikir demikian selamanya, maka kita tidak akan pernah menjadi kreatif.

Kreatifitas dapat diibaratkan seperti menemukan hal-hal yang luar biasa, dibalik hal-hal yang tampak biasa. Kreatif juga dapat berarti mampu menemukan solusi yang baru dan bermanfaat. Kreatif itu unik dan berbeda. Seperti halnya kreatifitas, setiap orang yang lahir kedunia ini tidak pernah benar-benar sama, dalam arti kata, setiap manusia memiliki keunikan tersendiri dan kreatifitas seseorang akan mampu memunculkan ekspresi keunikan pribadinya.

Sebenarnya, semua manusia lahir kedunia ini dengan bakat kreatifitas yang tidak kalah deanga para Maestro seperti Van Gogh, Mozart dan Shakespeare. Hanya saja seiring dengan perjalanan hidup, kemampuan seseorang dalam berhungan dengan bakat kreatif yang dimilikinya cenderun hilang. Seperti halnya yan diketahui perbedaan antara kaum kreatif dengan kaum tidak kreatif adalah kaum pertama tumbuh dengan anggapan dirinya kreatif sedangkan kaum kedua tidak. Hal ini sama seperti yang tertulis dalam buku “The Magic of Thinking big” karangan David J. Schwartz, dalam tema “Anda adalah apa yang Anda pikirkan mengenai diri Anda”. Sekarang mari kita mengajak diri kita untuk menelusuri bagian diri kita yang belum terungkap melalui metode pemetaan pikiran.

Sperti yang tertulis dalam beberapa buku, pemetaan pikiran merupakan teknik berpikir menyeluruh yangdikembangkan oleh Tony Buzan pada awal 1970-an. Teknik memetakan pikiran ini merupakan salah satu keterampilan yang paling efektif dalam proses berpikir kreatif. Teknik ini memanfaatkan ‘letupan pikiran’ yang singkat serta permainan warna dan simbol. Keistimewaan pemetaan pikiran memungkan gagasan mengalir bebas dan hal ini memacu terbentuknya ide-ide kreatif.

Dewasa ini, pemetaan pikiran sudah menjadi topik hangat dan banyak orang yang memanfaatkan nama besarnya. Sayangnya pemaparan mereka tentang topik ini terasa dangkal dan eksploitatif. Kekuatan pemetaan pikiran sering disalah pahami karena tekniknya sangat sederhana, sehingga maknanya yang dalam sering luput dari perhatian. Menjadi super kreatif melalui metode pemetaan pikiran merupakan langkah maju dalam memanfaatkan mindmapping untuk menggali kreatifitas yang terpendam dalam diri seseorang.

Menurut telaah buku, untuk menggali kreatifitas yang terpendam dalam diri kita pertama kita harus mengetahui potensi yan kita miliki terlebih dahulu. Potensi terbesar yang ada dalam diri setiap orang adalah benda keriput yang berwarna abu-abu dengan berat sekitar 1,5 Kg yang sering kita sebut otak. Dapat dikatakan bahwa seluruh dunia sekitar kita ini tercipta didalamnya, karena tanpa otak manusia tidak dapat melihat, mendengar dan merasakan, tidak ada rasa cinta, takut dan benci. Otak manusia menyimpan kemampuan yang luar biasa besarnya. Otak kita terdiri dari 10 sanpai 15 miliar sel saraf yang dapat membentuk 10800 jalur dan memiliki kapasitas melebihi seluruh perpustakaan didunia. Otak juga memiliki kemampuan dalam pengenalan pola, penyempurnaan pola, pengoreksian pola dan dapat mengatasi keambiguan atau makna ganda. Hal inilah yang membedakan otak manusia dengan komputer ……….

Nantikan selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: