Oleh: musryadanta | Januari 14, 2010

ANIMASI PHOTOSHOP

Membuat animasi gambar bergerak gif dengan photoshop

Selain buat edit-edit foto, photoshop juga bisa kita gunakan untuk membuat gambar bergerak / animasi dalam format .gif (graphic interchange format). Dengan bermain frame per frame, kita dapat membuat animasi tulisan ataupun gambar dengan mudah sesuai selera.

Oke, dalam membuat animasi dengan photoshop, kreativitas kita sangat dibutuhkan di sini, saya hanya memberikan tutorial dasarnya saja, dan nanti teman-teman bisa mengembangkannya.

Photoshop yang saya digunakan di sini adalah photoshop CS3, photoshop CS2 juga bisa digunakan (Saya belum tahu apakah photoshop versi lama bisa)

Buka Adobe photoshop, mari kita membuat animasi…

Sudah dibuka lom? (apanya yah?) hehe ya photoshopnya!

Langkah pertama yang paling penting adalah mengeluarkan tool animasi di photoshop, caranya klik menu “window” di photoshop, lalu pilih “animation”

Siap untuk animasi… pertam apa yah? ehm… animasi warna dulu deh…

Animasi warna

Kita akan mebuat animasi warna sederhana, yaitu perubahan warna merah, kuning dan hijau (kayak lampu lalu lintas aja.. wekekek)

Di photoshop, pilih file » new masukkan ukuran sesuai selera, kalau saya pakai 200 x 200 pixel, lalu oke

Selanjutnya, buat 3 buah lingkaran dengan layer yang berbeda. Buat sebuah lingkaran dulu, selanjutnya pada jendela layer, kita klik kanan layer lingkaran tersebut, lalu pilih “duplicate layer…”.

Atur sedemikian rupa sesuai selera. Ini lingkaran yang saya buat:

ini tampilan dalam jendela layer:

dan ini tampilan dalam jendela animation:

Sekarang tinggal kita mainkan layer-layernya untuk membentuk sebuah animasi.

Wokey, buat 3 buah frame dalam jendela animation, dengan mengklik icon “duplicates selected frames” (tanda lingkaran merah pada gambar diatas!) hingga jadi seperti ini:

Yup, seperti rencana kita, kita akan mebuat lingkaran tadi menjadi animasi seperti lampu traffic light, untuk menampilkan warna merah dahulu, klik frame pertama pada jendela animation, lalu pada jendela layer, nonaktifkan icon mata (indicates layer visibility) pada layer warna kuning dan hijau, sehingga hanya layer warna merah yang terdapat icon mata, seperti gambar di bawah :

Kemudian kembali lagi ke jendela animation, klik frame kedua, aktifkan icon mata pada layer kuning. Sedangkan pada frame ketiga, aktifkan icon mata pada layer hijau. Oh iya jika ingin animasi kita nanti transparan, tinggal nonaktifkan icon mata pada layer background di semua frame animasi.

Dalam jendela animation akan terlihat seperti berikut:

klik tombol play untuk memainkan animasi, kita bisa mensetting timming animasi sehingga animasi tidak bergerak terlalu cepat. Setting waktunya dengan meng-klik tanda panah segitiga di samping kanan tulisan 0 sec.

pilih waktu sesuai keinginan, begitu pula di frame-frame berikutnya.

Oh iya, agar animasi bergerak terus tanpa henti, maka animasi harus di setting “forever”, tetapi jika ingin bergerak satu kali, setting dengan “once”, seperti gambar di bawah:

vWokey… silahkan lihat hasilnya dengan mengklik tombol play.

Untuk menyimpan gambarnya, kita gunakan “save for web & device” nya photoshop. Caranya klik file > Save for web & device atau shortcut CTRL+ALT+SHIFT+S

Terus, gimana caranya membuat animasi yang lain seperti scrolled text alias text berjalan? akan saya berikan di session berikutnya… hehehe…. soalnya dah capek nulis…

sumber : www.antoro.net


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: